Rabu, 10 Oktober 2012

JASA CARDING KAPAS 1



Di daerah kami, Klaten dan sekitarnya banyak masyarakatnya yang bermata pencaharian jadi pengrajin kapas kecantikan dan kesehatan, sehingga kebutuhan untuk bahan baku Comber Lab cukup lumayan banyak. Akhir-akhir ini bahan tersebut sudah menjadi permasalahan tersendiri, baik harga yang cenderung selalu naik membuat pengrajin keuntungannya semakin tipis. Perkembangan teknologi pemintalan benang yang semakin canggih menjadikan mesin-mesin yang sekarang hanya keluar atfal maksimal comber pecah, padahal yang dibutuhkan adalah comber Lab yang biasa dikeluarkan mesin-mesin yang lama.
Oleh karena itu kami yakin bahwa membuka usaha pembuatan bahan baku alternatif yang dibutuhkan para pengrajin/pemasak kapas kecantikan dan kesehatan sebagai usaha yang cukup menguntungkan. Dengan affal kapas matang hasil produksi para pengrajin tersebut, maupun affal-affal dari pabrik pemintalan benang yang kwalitasnya dibawah comber dapat didaur ulang untuk jadi bahan baku yang harganya tentu lebih murah dan lebih menguntungkan.
Kami sudah memodifikasi mesin-mesin carding yang tadinya untuk membuat silver tahapan proses benang, sekarang sudah dapat membuat wab yang tersusun oleh rol penerima yang kami rangkaikan pada carding sehingga hasilnya sudah jadi comber lab.
Usaha Jasa pembuatan bahan baku kapas kecantikan & kesehatan ini sudah beberapa waktu kami jalankan, tepatnya di selatan dukuh Polodadi, Desa Tarubasan, Kecamatan Karanganom, Klaten. Dari sentra pengrajin kapas kecantikan & kesehatan yaitu Dk.Duwetan, Candirejo keutara sekitar 1 km. Atau dari GOR GELARSENA keutara arah Karanganom lebih kurang 2 km.
Karena keterbatasan anggaran , sementara dengan mesin produksi yang ada kami operasikan untuk usaha jasa dari pihak lain yang pada umumnya pemasak /pengrajin kapas kecantikan & kesehatan .
Namun demikian setelah kami evaluasi dengan hanya menerima pekerjaan jasa , target pendapatan tidak maksimal, jauh dari kapasitas produksi , seharusnya minimal memenuhi rutin pekerjaan 2 Shift /hari. Itu semua disebabkan oleh beberapa sebab yaitu:
- Rutinitas pekerjaan tidak pasti ,kadang ada pekerjaan kadang tidak .
- Bahan sering tidak standart, sehingga pekerjaan tidak lancar, mesin sering
mengalami gangguan.